• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA TOP NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    CEK FAKTA: Tak Becus Urus Ferdy Sambo, Benarkah Hakim Wahyu Iman Santoso Dipecat Jokowi?

    , Februari 19, 2023 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Baru-baru ini beredar kabar hakim yang memimipin sidang kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Wahyu Iman Santoso dipecat oleh Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi.

    Kabar hakim Wahyu Iman Santoso dipecat Presiden Jokowi beredar melalui kanal Youtube Roda Politik.

    “AKHIRNYA HAKIM WAHYU DIPECAT GK BECUS URUS FERDY SAMBO PAK JOKOWI LANGSUNG GANTIKAN DENGAN ORANG INI” tulis keterangan video unggahan akun tersebut

    Penjelasan

    Video berisi klaim hakim Wahyu Iman Santoso dipecat Jokowi dan digantikan dengan orang lain karena dianggap tidak becus dalam mengusut kasus Ferdy Sambo. Video berdurasi 8 menit itu diunggah kanal YouTube Roda Politik pada 8 Februari 2023 lalu. 

    Namun, klaim yang tertulis tidak sesuai dengan isi video tersebut. Tidak ada sama sekali penjelasan tentang Hakim wahyu dipecat dan Presiden Jokowi ikut campur dalam persidangan Sambo dengan mencopot Hakim Wahyu.

    Isi video tersebut justru membahas artikel yang diunggah ayobandung.com berjudul “Sogok Hakim Lewat Amplop, JPU Minta Amplop dari Pengacara Arif Rachman Dibuka, Isinya duit?”

    Artikel itu hanya menyinggung soal dugaan amplop yang diberikan oleh pengacara Arif Rachman kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) berisi sogokan uang. Setelah ditelisik lagi, isi amplop tersebut bukanlah uang sogokan melainkan hanya sebuah flash disk.

    Hingga akhir video tersebut, tidak ada peryataan tentang hakim Wahyu dicopot Jokowi secara langsung seperti pada gambar thumbnail unggahan tersebut.

    Kesimpulan

    Sertelah dilakukan penelusuran, faktanya isi unggahan video tersebu tidak memiliki kesesuaian informasi antara judul dan isi Video.

    Karenanya, dapat disimpulkan terkait hakim Wahyu yang dicopot oleh Jokowi dan digantikan oleh orang lain merupakan informasi yang salah. Video tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan

    Sumber : moots suara. com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Agama

    +